***** Dzuzant's *****

"Tanpa Berkarya, Sungguh Kita Telah 'Mati'"

Hayyun : Seorang Bayi yang Dibesarkan Rusa

Posted by dzuzant pada Maret 27, 2010

Oleh Dedy Susanto

Dalam literatur Arab klasik ada sebuah novel berjudul ‘Hayyun Ibnu Yaqzhan’ karya Abu Bakar Muhammad Ibnu Abdul Malik Ibnu Thufail. Dalam novel tersebut diceritakan:
Ada seorang bayi bernama Hayyun Ibnu Yaqzhan yang terbuang di suatu tempat terpencil yang tidak pernah dikunjungi orang sama sekali. Karena tempatnya yang angker nan jauh dari perkampungan.
Sang bayi hidup dalam keterasingan dan tak satupun ada orang yang merawatnya. Dia hidup dan dibesarkan oleh seekor rusa hutan yang setia menjadi ibu sekaligus ayah angkatnya. Setiap pagi dan sore seekor rusa datang menyusui sang bayi manusia yang malang itu. Dari bayi sampai dewasa, Hayyun hanya bisa menyaksikan peristiwa-peristiwa alam yang bisu disekitarnya.
Dalam kesendiriannya itu, Hayyun tak henti-hentinya mencari hakikat kebenaran tentang dirinya, alam dan Penciptanya. Sampai akhirnya, Hayyun dengan potensi akalnya yang luar biasa yang menyatu dengan Al-Aqlu Al-Fa’al (active intellect), ia dapat mengetahui Tuhan Pencipta seru sekalian alam. Hanya saja ia masih tidak mengetahui, bagaimana cara mendekatkan diri kepada Tuhannya. Tetapi ia tak pernah putus asa. Ia terus mencari dan mencari. Seperti semangat Nabi Ibrohim mencari Tuhannya. Dalam kebingungannya itu, Hayyun didatangi oleh seorang alim ulama yang bernama Asal dari pulau lain yang diutus oleh Allah untuk berdakwah. Memberi pencerahan kepada orang yang hidup dalam kegamangan atau terjerat di jaring keputusasaan.
Perjumpannya dengan alim ulama, memberikan nafas kehidupan baru bagi dirinya. Ia mendapatkan banyak pengetahuan dan rahasia-rahasia kehidupan yang jarang dimilki manusia-manusia pada umumnya. Ia juga memperoleh pelajarab tentang syariat yang diturunkan Allah SWT. Sebagai hudan (petunjuk) bagi manusia. Hayyun dengan cepat memahami penjelasan sang alim. Kemudian sang alim memberikan cara untuk mendekatkan diri pada Sang Pencipta dengan berbagai macam ibadah seperti sholat, puasa, zakat dan lain-lain. Hayyun menerima semua ajaran dari sang alim dan melaksanakannya sepanjang hidupnya dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: